Selasa, 06 Maret 2012

SDN KARANGREJEK II PERINTIS WARUNG KEJUJURAN

YOGYAKARTA - Sekolah Dasar Negeri Karangrejek, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta, menjadi perintis keberadaan warung kejujuran tingkat sekolah dasar di kabupaten itu.
Kepala SeKolah Dasar Negeri (SDN) Karangrejek II Kabupaten Gunung Kidul Tulus DS di Wonosari, Senin mengatakan, keberadaan warung kejujuran di sekolahnya tersebut sudah diresmikan oleh staf ahli Bupati Gunung Kidul bidang Kemasyarakatan dan Sumber Daya Manusia Widodo , beberapa waktu lalu.
"Warung Kejujuran yang ada di SDN Karangrejek ini khusus menjual buku dan alat sekolah. Para siswa dalam membeli buku di warung itu bisa mengambil dan membayar sendiri tanpa diawasi penjaga warung," katanya.
Menurut dia, warung kejujuran yang diperuntukkan para siswa itu dimaksudkan untuk memberikan pengertian tentang kejujuran sejak dini, dan merupakan kewajiban bersama para pihak.
Saat ada di rumah merupakan tugas utama orang tua, dan di sekolah tugas para guru untuk memberikan pengertian itu, katanya.
Dengan warung kejujuran sangatlah tepat, siswa dilatih kejujuran dalam pembelian alat tulis, kata Tulus Djoko Sarwono.
Ia mengatakan, warung kejujuran merupakan realisasi Bansos Pendidikan Agama dan Akhlak Mulia, yang diberikan oleh Direktur Jenderal Pendidikan Dasar Kementerian Pendidikan Nasional pada 2011 sebanyak Rp32.500.000.
Bantuan itu, katanya, digunakan untuk kegiatan keagamaan, seni dan budaya, gerakan sekolah bersih dan sehat, penanaman kejujuran lewat warung kejujuran, pengajian, kedisiplinan dan sportivitas lewat olah raga. "Dengan kejujuran sebagai modal utama mencegah tindakan korupsi," kata Tulus DS.
Sumber: Kompas, 6 Maret 2012

Tidak ada komentar:

Posting Komentar